Gejala, Penyebab dan Pencegahan Penyakit Darah Tinggi (Hipertensi)


Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi medis di mana terjadi peningkatan tekanan darah secara kronis (dalam jangka waktu lama). Umumnya penderita mempunyai sekurang-kurangnya tiga bacaan tekanan darah yang melebihi 140/90 mmHg saat istirahat.

Penyakit hipertensi ada yang primer (sebab tak dikatahui) dan sekunder karena adanya penyakit lain yang mempengaruhi tekanan darah seperti penyakit ginjal. Tekanan darah yang selalu tinggi adalah salah satu faktor resiko untuk stroke dan serangan jantung.

Pada sebagian besar penderita, hipertensi tidak menimbulkan gejala; meskipun secara tidak sengaja beberapa gejala terjadi bersamaan. Gejala yang dimaksud adalah sakit kepala, pusing, perdarahan dari hidung, wajah kemerahan dan kelelahan.

Jika hipertensinya berat atau menahun bisa timbul gejala seperti : sakit kepala, kelelahan, mual, muntah, sesak nafas, gelisah, pandangan menjadi kabur yang terjadi karena adanya kerusakan pada otak, mata, jantung dan ginjal, bahkan penurunan kesadaran.

Kegemukan (obesitas), gaya hidup yang tidak aktif (malas berolah raga), stres, alkohol atau garam dalam makanan; bisa memicu penyebab terjadinya Penyakit Darah Tinggi  (Hipertensi) pada orang-orang memiliki kepekaan yang diturunkan.

Stress cenderung menyebabkan kenaikan tekanan darah untuk sementara waktu, jika stres telah berlalu, maka tekanan darah biasanya akan kembali normal.

Pencegahan Penyakit Darah Tinggi  (Hipertensi), Hindari:
• Kegemukan
• Stress
• Minuman Beralkohol, dan
• Garam dalam makanan
• Tingkatkan Olahraga Teratur

About these ads

Leave a comment

Filed under Kesehatan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s