Pasca Tsunami, 140 Gempa Susulan Mengguncang Jepang


Gempa susulan masih terjadi di Jepang setelah gempa berkekuatan 8,9 SR yang disusul tsunami. Lebih dari 140 gempa susulan berkekuatan sekitar 4,5 SR mengguncang Jepang hingga hari ini.

Begitu hasil survei US Geological Survey (USGS), seperti dikutip detikcom dari CNN, Minggu (13/3/2011).

Gempa susulan yang terus terjadi ini menganggu layanan kereta api dan penerbangan di Jepang. Sedikitnya 23.000 orang tertahan di Bandara Tokyo. Layanan kereta api juga masih tersedia dalam jumlah terbatas untuk mengantisipasi kecelakaan karena gempa.

Gempa berkekuatan 8,9 SR yang disusul tsunami juga melumpuhkan nadi perekonomian Jepang. Pusat hiburan di Disneyland yang ramai dikunjungi wisatawan ditutup selama 10 hari.

Suplai listrik untuk keperluan rumahtangga juga sangat terbatas. Pemerintah Jepang mengimbau agar masyarakat menghemat energi karena keterbatasan suplai listrik.

Pencarian korban selamat terus dilakukan oleh tim SAR gabungan. Pemerintah Jepang juga sudah mendapat bantuan langsung dari Amerika Serikat yang mengirim kapal perang dan perlengkapan evakuasi berteknologi tinggi.

Korban yang hilang juga tidak sedikit. Sedikitnya 9.500 warga perfektur Miyagi dinyatakan belum ditemukan. Miyagi adalah salah satu kawasan yang mengalami dampak tsunami paling parah di Jepang.

Leave a comment

Filed under Bumi Kita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s