Sumatera Selatan


Kerupuk Kemplang

Kerupuk ini cara memasaknya tidak dengan di goreng tetapi di panggang di atas bara api.

Pempek

Pempek atau Empek-empek adalah jajanan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan sagu Penyajian pempek ditemani oleh saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau “cuko” (bahasa Palembang).

Tekwan

Tekwan adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan sagu yang dibuat dalam ukuran kecil-kecil, dan disajikan dengan menggunakan kuah dengan rasa yang khas. Biasanya pelengkap tekwan adalah bihun dan jamur.

Lempok Durian

Lempok adalah makanan khas palembang selain pempek. Lempok Palembang dapat juga dikatakan dodol dengan bahan utama dari buah durian yang telah masak di pohon atau yang tua. Lempok durian palembang amat terkenal sebagai jajanan khas dan makanan asli masyarakat sumatera selatan.

Mie Celor Palembang

Dinamakan Mie Celor karena sebelum di hidangkan mie dan kecamba (tauge)nya dicelor terlebih dulu (diseduh dengan air panas) lalu disiram dengan kuah kaldu udang yang kental dan diberi irisan telur, irisan daun seledri, bawang goreng dan diberi kecap asin sedikit.

Kue Lapis legit Palembang

Kue Lapis legit Palembang, berbeda dengan lapis legit lainnya, Lapis Palembang dipanggang dengan arang pasir diatas gendokan (tungku tanah liat). Hasilnya lapis Palembang terasa lebih legit

Pindang Patin Palembang

Pindang ikan patin memunculkan sensasi paduan rasa pedas, asam segar, dan wangi kemangi. Sebagai gambaran rasa, daging ikan patin yang lembut dimasak dengan serai, daun salam, jahe, lengkuas, daun bawang, dan cabe, serta rasa asam segar dari buah nanas. benar-benar mengugah selera

Tempoyak

Tempoyak adalah daging durian yang dipermentasikan (diasamkan). Di Palembang tempoyak banyak sekali dibuat masakan yang mengunakan bahan ikan (Ikan Patin, Ikan Laes, dll) biasanya dibuat pepes atau di brengkes. Rasa asam pedas dan gurih dari tempoyak yang menyatu dengan daging ikan memberikan cita rasa yang berbeda di lidah. Kadang juga Tempoyak dibuat menjadi sambal.

Kue Maksuba

Kue maksuba ini lebih banyak di jumpai di rumah-rumah masyarakat pada saat hari raya/lebaran. Bahan-bahannya antara lain telur itik atau telur ayam, mentega, gula pasir, dan susu kental manis. Meskipun bahan-bahannya tergolong sederhana, tingkat kerumitan pembuatan kue maksuba ini cukup tinggi.

Tulisan dan Gambar diambil dari berbagai sumber.

Leave a comment

Filed under Jajanan Khas Daerah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s