Domain Negara Paling Berbahaya di Internet


Perusahaan kemananan komputer dan internet McAfee merilis daftar negara yang memiliki domain paling berbahaya untuk ditelusuri. Berbahaya di sini berarti, ia telah dijamah tangan-tangan nakal yang mengakibatkan penggunanya merugi.

Selain karena rawan akan aksi pencurian identitas (phising) dan pop-up yang berlebihan, domaindomain di bawah ini juga bisa menginfeksi komputer pemakainya dengan virus.

Studi yang dilakukan McAfee ini mengungkap bahwa domain yang dimiliki oleh Kamerun (.cm) menduduki posisi pertama dalam urutan domain negara paling berbahaya dengan angka risiko mencapai 36,7%. Hal ini disinyalir disebabkan bahwa banyak pelaku kriminal cyber yang sengaja menciptakan situs dengan typo palsu untuk domain .com yang laris dipakai.

Di urutan kedua daftar ini ditempati oleh domain milik China (.cn), diikuti Samoa (.ws) dan Filipina (.ph). Sedang di urutan ke-5 ada domain milik negara yang kini sudah tak ada, yakni Uni Soviet (.su).

Posisi puncak yang diraih Kamerun menggantikan tempat Hongkong yang pada tahun 2008 lalu menjadi juara domain paling rawan. Hongkong sendiri kini berada di urutan ke 34 karena turun tangan pemerintah yang segera mengambil aksi tegas.

Lantas domain apa yang paling aman di belantara internet? Dilansir dari LA Times, Jumat (3/12/2009), tahta ini ternyata jatuh di negara Jepang (.jp) dengan hanya 0,1% dari situs-situsnya yang mengandung ancaman keamanan. Ada di dalam urutan berikutnya yakni Irlandia (.ie), Kroasia (.hr), Luksemburg (.lu) dan Vanuatu (.vu).

Sumber:

http://www.teknologinet.com/2009/12/ini-dia-domain-negara-paling-berbahaya-di-internet.html

Leave a comment

Filed under Komputer dan Internet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s