Jenis sepeda


Anda  hobi  bersepeda? Atau mungkin  baru  mau  memulai  hobi  ini?  Untuk yang sudah lama menjalani hobi sepeda saya yakin anda sudah mengetahui jenis sepeda dilihat dari kebutuhan penggunaannya. Kita semua tahu secara garis besar sepeda terbagi dua jenis, sepeda buat diaspal dan non aspal (offroad).

Jenis sepeda untuk diaspal (roadrace) biasanya dibedakan dari jenis frame dan ban, ban yang dipakai khusus aspal biasanya berukuran kecil, dan ada juga yang disebut Hybrid.

Sepeda Hybrid

Sedangkan  sepeda khusus gunung biasa disebut MTB (Mountain Terrain Bike).  Jenis sepeda MTB terbagi lagi menjadi beberapa jenis menurut penggunaannya seperti dibawah ini:

Type Cross Coutry (XC) jenis ini cocok bagi para hobbies yang ingin menyusuri area pedesaan atau luar kota dimana medannya kombinasi antara jalan datar dan menanjak beraspal maupun tanah.

Type All Mountain (AM), jenis ini sangat cocok bagi pecinta olahraga ekstrem, misalnya adventure ke medan yang terjal menanjak dan lebih menantang. Karenanya sepeda ini memiliki spesifikasi yang khusus antara lain peredam kejut (shock absorber) pada roda depan untuk mengurang beban guncangan.

Free Ride (FR), type ini setingkat lebih ekstrem dari type sebelumnya.

Downhill (DH), jenis sepeda ini hanya digunakan untuk berpacu menuruni gunung atau bukit secepatnya. Di luar negeri kategori ini termasuk category yang sangat popular dalam olahraga ekstrem. Syarat wajib buat sepeda jenis DH harus memakai Frame fulsus (full suspension) dan Fork depan mempunyai travel (jarak main) minimal 180 mm.

Dirt Jump (DJ), jenis ini digunakan untuk atraksi bersepeda atau free style.

Demikian tulisanl ini saya buat semoga bermanfaat.
Sumber: Tulisan sendiri

Leave a comment

Filed under Gowess

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s