Formula1 Akan Gunakan Hidrogen


Mobil Balap Formula satu (F1) tampaknya akan segera menyingkirkan bahan bakar minyak dan menggantinya dengan hidrogen.

Jean Todt, Presiden lembaga pengaturan balap kendaraan bermotor, FIA, mengatakan bahwa bahan bakar alternatif tak terelakkan bagi masa depan  dan akan  menjadi tenaga bagi mesin balap.

“Hal itu akan terjadi,” Kata Todt kepada Drive seperti dikutip dari Sydney Morning Herald.

Todt mengatakan setelah dirinya berdiskusi dengan para pakar industri,  ia yakin  hidrogenlah yang  akan menggantikan bahan bakar fosil, ketimbang listrik.

Hidrogen kemungkinan akan menjadi pilihan meskipun mobil balap mulai tahun ini menggunakan KERS (Kinetic Energy Recovery System), yang merupakan sebuah sistem hybrid elektrik.

“Beberapa pihak sangat yakin terhadap mobil listrik, beberapa lainnya yakin dengan hidrogen,” katanya.

“Jika anda tanya saya, Saya mungkin bukanlah yang terbaik karena saya manager dan bukan teknisi ….
berbicaralah kepada teknisi dan coba pahami apa yang mereka kembangkan, saya sendiri  mempercayai teknologi hidrogen di masa depan, ketimbang listrik.”

Ketika perubahan itu datang, Todt mengatakan kendaraan balap akan menjadi platform ideal untuk mempromosikan transisi ke bahan bakar alternatif bagi kendaraan di jalan.

“Jika seorang juara  dari dunia balap berbicara mengenai keamanan di jalan,  hal itu akan sangat membantu karena mereka kredibel,” ujarnya. “Mungkin hal itu juga berlaku untuk teknologi. Pada teknologi, jika anda  mengikuti kejuaraan tertinggi balap FIA dan jika punya  teknologi baru, pastinya orang akan lebih menganggap.”

Pria Prancis itu terlibat dalam  peralihan dari mesin V8 2.8 liter menuju 1.6 liter mesin turbo empat silinder untuk musim balap F1 2013.

Perubahan itu diharapkan akan mengurangi konsumsi bahan bakar dan membuat olah raga itu selaras dengan tren  mesin mobil jalanan yang mengurangi ukurannya.Ia mengatakan penting jika olah raga tetap sesuai  dengan mobil-mobil di jalan.

“Hal ini penting,” Ujarnya. “Formula satu telah identik  sebagai olah raga tetapi Formula 1 juga harus  menjadi puncak dalam teknologi.Berdasarkan hal tersebut, maka ada kaitan kuat dengan  yang terjadi dalam masyarakat modern.”

Sumber:

http://otomotif.antaranews.com/news/1300199041/formula1-akan-gunakan-hidrogen

Leave a comment

Filed under Otomotive

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s