Mengenal Sejarah Mobil


Tak jelas kapan pastinya kendaraan perdana di dunia ini di-launching. Yang jelas, sejumlah dokumen menunjukkan, bahwa kendaraan pertama yang menggunakan tenaga mesin uap dibuat pada akhir abad 18. Adalah Nicolas-Joseph Cugnot dengan sukses mendemonstrasikan kendaraan tersebut pada tahun 1769.

 Teknologi menuju mobil modern terus mengalami perkembangan. Peningkatan mesin uap paling dikenal dikembangkan di Birmingham, Inggris oleh Lunar Society. Di kota ini, mobil tenaga bensin pertama kali dibuat di Britania pada tahun 1896 oleh Frederick William Lanchester. Kemudian, paten mobil pertama di Amerika Serikat diberikan kepada Oliver Evans pada 1789. Pada tahun 1804 Evans mendemonstrasikan mobil pertamanya di AS, yang juga merupakan kendaraan amfibi pertama yang kendaraan tenaga-uapnya sanggup jalan di darat menggunakan roda dan di air menggunakan roda padel.

 Nah, Nikolaus August Otto adalah penemu Jerman yang pada tahun 1876 menciptakan mesin dengan empat dorongan pembakaran. Pembakaran bagian dalam mesin merupakan suatu hasil pemikiran yang cermat dan ini dipakai untuk penggunaan dalam gerakan mesin mobil. Banyak percobaan dilakukan membuat mobil sebelum Otto menciptakan mesinnya. Beberapa penemu seperti Siegfried Marcus, Etienne Lenoir dan Nicolas Joseph Cugnot, telah berhasil membikin model yang bisa bergerak. Sayangnya, akibat kekurangan dalam mengkombinasikan antara keringanan dan kecepatan, tak satu pun model itu punya arti praktis untuk digunakan.

 Dalam jangka waktu lima belas tahun sejak Otto menciptakan mesin dengan empat dorongan pembakaran, muncul dua penemu yang berbeda-beda, yakni Karl Benz dan Gottlieb Daimler. Hebatnya, mereka mulai menciptakan mobil yang praktis dan laku di pasar. Umumnya mobil pertama mesin pembakaran dalam yang menggunakan bensin dibuat hampir bersamaan pada 1886 oleh penemu Jerman yang bekerja secara terpisah. Carl Benz pada 3 Juli 1886 di Mannheim dan Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach di Stuttgart. Mesin Otto digunakan oleh pelopor mobil Gottlieb Daimler dan Karl Benz.

 Gottlieb Wilhelm Daimler yang terlahir tanggal 17 Maret 1834 adalah seorang insinyur Jerman yang membuat mobil pertama, bersama dengan Carl Friedrich Benz. Pada tahun 1882 Gottlieb Daimler memisahkan diri dari perusahaan karena dia mengambil keputusan mau memprodusi sepeda motor.

 Sejarah juga mencatat, kasus kecelakaan mobil hampir sama tua dengan usia mobil itu sendiri. Joseph Cugnot menabrak mobil tenaga-uapnya Fardier dengan tembok pada 1770. Setiap tahun menurut Badan Kesehatan Dunia WHO, lebih dari sejuta orang tewas dan sekitar 50 juta orang terluka dalam lalu lintas. Penyebab utama kecelakaan adalah pengemudi mabuk atau dalam pengaruh obat, lalai, terlalu lelah, bahaya di jalan lainnya. Mungkin inilah yang menjadi salah satu sumber inspirasi manusia untuk melakukan modifikasi dan inovasi mobil selama bertahun-tahun.

Sumber:

http://teknologi.kompasiana.com/otomotif/2011/02/25/mengenal-sejarah-mobil/

Leave a comment

Filed under Otomotive

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s