Wisata Sibolga


Sekilas Tentang Kota Sibolga

KOTA SIBOLGA awalnya merupakan sebuah dusun kecil yang berada di Teluk Tapian Nauli. Dalam perkembangannya dusun ini menjadi sebuah kota bahari yang identik dengan fungsi melayani kepentingan perdagangan antar pulau, antar negara, melayani para pelaut atau musafir yang berkelana dari berbagai penjuru negeri, dan melayani mereka yang hendak beristirahat atau sekedar bertamasya.

Kota Sibolga mempunyai wilayah seluas 3.536 ( 35,36 km2 ) Ha yang terdiri dari 1.126,67 Ha daratan Sumatera, 23,32 Ha daratan kepulauan dan 2.171,01 Ha lautan. Pulau-pulau yang termasuk dalam kawasan Kota Sibolga adalah Pulau Poncan Gadang, Poncan Ketek, Pulau Sarudik dan Pulau Panjang. Sementara wilayah administrasi pemerintahan Kota Sibolga terdiri dari 4 Kecamatan dan 17 Kelurahan.

Dilihat dari sisi kepariwisataan, Kota Sibolga sangat potensial, karena disamping keindahan alam pegunungan, juga terdapat pantai-pantai yang indah di Teluk Tapian Nauli dan perbukitan yang seolah-olah melindungi kota ini, serta pulau-pulau yang menarik yang berada di perairan teluk memiliki taman laut eksotis sehingga Kota Sibolga sangat potensial dikembangkan sebagai kota objek wisata. Sibolga juga kaya akan peninggalan bersejarah, adat dan budaya. Kota ini juga merupakan titik sentral bagi wisatawan yang akan melanjutkan perjalanan ke daerah-daerah disekitarnya seperti Pulau Nias, Provinsi Sumatera Barat dan Aceh Nangro.

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kota Sibolga, pengembangan pariwisata merupakan salah satu program prioritas dengan melaksanakan berbagai kegiatan untuk mendukung pembangunan kepariwisataan tersebut. Berbagai event setiap tahunnya dilaksanakan di Kota ini dalam upaya menarik para wisatawan, seperti Lomba Perahu Dayung, Upacara Maure Lawik, Lomba Memancing Ikan, serta berbagai perlombaan Seni Budaya Khas Pesisir Sibolga.

Tangga Seratus

 Wisata Tangga seratus dan Goa Tangga Seratus,Merupakan Objek wisata yang terletak di jalan sutoyo siswomiharjo kelurahan pasar baru Kota Sibolga Sumatera Utara dan yang paling menonjol pada era peninggalan sejarah dari masa penjajahan Belanda,salah satunya adalah sebuah anak tangga,Objek wisata ini dikenal dengan nama Tanggo Saratus walau pada kenyataannya jumlah tangga yang berada di tangga seratus cuma berjumlah 293 anak tangga.di dekat objek wisata tangga seratus Juga terdapat goa yang berada dilereng bukit dibawah tangga seratus. Berbentuk terowongan dan mempunyai dua buah pintu yang menghadap ke arah selatan. Dinding gua terbuat dari batu andesit muda dan selalu lembab karena tetesan air yang berasal dari dinding atas.

Bukit Ketapang

Wisata Benteng Bukit Ketapang berada di Kelurahan Sibolga Ilir kota sibolga sumatera utara, dan Objek Wisata Benteng Bukit Ketapang terdiri dari enam benteng dan sebuah lubang yang diduga lubang angin dari benteng tersebut. Dua Benteng terletak di bukit,dan tiga Benteng lagi diatas bukit ditambah sebuah fondasi yang merupakan bekas benteng. sangat pas bila Objek Wisata Benteng Bukit Ketapang dijadikan objek wisata sejarah.

PULAU PONCAN GADANG

Pulau Poncan Gadang terkenal dengan keindahan pantainya, kejernihan airnya, pasir putih, dan juga dikelilingi oleh taman laut yang indah dengan beragam jenis ikan hias dan terumbu karang yang sangat cocok bagi pecinta memancing, diving dan snorkling. Disekeliling pulau ini tumbuh pohon nyiur yang menambah kesejukan. Lokasi dan pantai bagian barat dari pulau ini memiliki panorama laut yang sangat indah. Di pulau ini telah tersedia fasilitas berupa hotel berbintang lengkap dengan berbagai fasilitas penunjang lainnya. Pulau ini dapat dijangkau sekitar 15 menit dengan menggunakan speed boat dari Sibolga.

Pantai Kalangan

Batu Lubang

Kota Sibolga

4 Comments

Filed under Tujuan Wisata

4 responses to “Wisata Sibolga

  1. libra

    kota kelahiran ku …

  2. Beutiful…
    kota yg teramat indah
    aku suka banget moga2 tahun ini aku akan kesini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s