Belajar & Meneliti Bencana Purba


INILAH.COM, Jakarta – Penemuan dan penelitian Candi Jiwa di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, boleh dibilang agak spektakuler. Dalam candi tersebut didapatkan data penting tentang penemuan fosil manusia yang tewas dalam kondisi tidak wajar.

Jika percaya dengan pengulangan bencana, perlu ditelusuri penyebab candi ataupun peradaban tersebut terkubur. Kabupaten Karawang tidak jauh lokasinya dengan Ibu Kota Jakarta. Data Candi Jiwa bisa dijadikan petunjuk rentetan berikutnya atau manuskrip tentang kemungkinan bencana masa lampau.

Apalagi, tim Staf Khusus Presiden Bidang Sosial dan Bencana Alam menemukan indikasi patahan gempa di Selat Sunda yang berpotensi pelepasan yang cukup besar dan kemungkinan menyebabkan tsunami.

Bencana merupakan fenomena alam yang sebenarnya sudah terjadi sejak dulu. Karena itu, manusia harus terus berupaya menyiasati hal tersebut demi kelangsungan hidup di masa depan.

Penelitian sumber-sumber ancaman bencana serta jejak-jejak peradaban masa lalu yang musnah karena dilanda bencana alam diharapkan bisa memberi solusi guna memperkuat ketahanan nasional menghadapi ancaman bencana di masa depan.

Tim Staf Khusus Presiden Bidang Sosial dan Bencana Alam telah menggelar rapat di ruang rapat deputi mensesneg bidang hubungan kelembagaan, Rabu 27 April 2011. Tujuannya untuk mendorong seluruh pihak termasuk TNI dan Polri terlibat karena ke depannya bisa dijadikan program ketahanan nasional.

http://nasional.inilah.com/read/detail/1473632/belajar-meneliti-bencana-purba

Leave a comment

Filed under Bumi Kita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s