Sejarah nasi goreng


Image

Siapa sih yang tidak mengenal nasi goreng?

Hampir dipastikan kita semua pasti sudah mengenalnya dan bahkan menyukainya. Tapi tidak semua dari kita tahu tentang sejarah atau asal usul nasi goreng, betul kan? hehe

Nasi goreng (Hanzi) adalah sebuah komponen penting dari masakan tradisional Tionghoa, menurut catatan sejarah sudah mulai ada sejak 4000 tahun sebelum masehi.

Nasi goreng kemudian menyebar ke Asia Tenggara dibawa oleh perantau perantau Tionghoa yang menetap disana dan menciptakan nasi goreng yang khas lokal yang didasarkan perbedaan bumbu dan cara memasak atau menggoreng.

Nasi goreng sebenarnya muncul dari beberapa sifat dalam kebudayaan Tionghoa, yang tidak suka mencicipi masakan dingin dan juga membuang sisa makanan beberapa hari sebelumnya, makanya nasi yang dingin itu kemudian digoreng untuk dihidangkan kembali di meja makan.

Nasi goreng juga dikenal sebagai hidangan khas Indonesia. Ada berbagai macam resep nasi goreng tapi unsur utamanya adalah nasi, minyak goreng dan kecap manis dan banyak tambahan lain yang dapat dimasukan mulai dari sayur, daging, saos, kerupuk dan lain lainnya.

//

Leave a comment

Filed under Jajanan Khas Daerah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s